Fase -Fase Kehidupan Umat Manusia (Budaya)

Semakin maju penelitian ilmiah mengenai asal-usul kehidupan di dunia, semakin banyak pula tumpukan persoalan dan misteri yang harus dipecahkan. Dewasa ini, kemajuan dibidang  ilmu pengetahuan memang sangat luar biasa pesatnya. namun ternyata kita belum mengetahui dan mengerti tentang keberadaan manusia yang pertama kali hidup, asal-usulnya, serta perkembangan budayanya sepanjang sejarah. menurut kalangan antropolog, fase-fase perkembangan kehidupan manusia adalah sebagai berikut :

1. Zaman Palaeolitik (Palaeolithic).

Di zaman ini, manusia sudah mampu membuat senjata yang digunakan untuk berburu binatang untuk disantap serta membangun tempat tinggal ala kadarnya. Alat-alat yang digunakan untuk membuat semua itu masih amat sangat sederhana dan terbuat dari bebatuan. Manusi dizaman ini selalu hidup dalam sebuah lingkungan dimana bahaya senantiasa mengancam setiap saat. karenanya mereka yang merupakan nenek moyang kita, memilih tinggal digua-gua dan lubang-lubang di bukit-bukit demi keamanan.


2. Zaman Palaeolitik akhir.

dizaman ini, manusia labih maju dari sebelumnya, orang-orang yang hidup di zaman ini mulai mencoba membuat beberapa senjata mutakhir. seperti martil, kapak dan parang, selian itu, mereka juga mulai memahami bagaimana cara menyalakan api dan memasak makanan. Untuk melindungi  diri dari gangguan alam serta binatang  berbisa, mereka mendirikan sejumlah sarana hunian yang khas.

3. Zaman Neolitik.

Manusia di zaman ini sudah mampu membuat alat-alat kehidupan yang memiliki ukuran serta polesan-polesan yang lebih rumit, halus dan rapi. gubuk-gubuk mulai dibangun, dengan bahan utamanya terdiri dari kayu, bebatuan dan lumpur. Batu-batu dan tanah-tanah lumpur tersebut dijemur, baru kemudian di bakar, dan sejumlah binatang ternak mulai dipelihara di sekitar pemukiman mereka.

4. Zaman Tembaga.

Pada zaman ini, manusia telah tenlah mengenal logam mulia serta mulai mengembangkan kesadaran dan kemampuannya untuk menguasai lingkungan. sejak saat inilah, kebudayaan manusia mengalami perkembangan yang cukup berarti. terdapat 2 temuan dizaman ini :
     a. Roda-roda, yang lama kelamaan berkembang dan di produksi untuk alat transportasi sederhana, seperti gerobak.
       b. Perkembangan bahasa komunikasi. dengan terjadinya mobilisasi dibidang komunikasi bahasa dan isyarat-isyarat tertentu, manusia mulai membangun kehidupan sosial bersama, kendati masih sangat sederhana dan terbatas.

Akan tetapi, kebudayaan umat manusia baru menapaki titian yang benar dan hakiki setelah kehadiran nabi Isa Alaihis Salam. yang mengumandangkan seruan  kepada manusia untuk membersihkan diri dari nilai-nilai materialistis, tindakan yang korup dan peperangan antar suku. sejak saat itu, sistem komunikasi, sarana-sarana industri, gedung-gedung dan fasilitas pengobatan mulai dibangun dan dikembangkan secara besar-besaran. Eropa di tahun 476 mengalami masa Mediaeval. ketika itu, gereja-gereja mulai bangkit, sementara para pendetanya getol menyeru kepada seluruh umat kristiani untuk kembali kepada nilai dasar moralitas yang adiluhung.

Fenomena ini menggeliat ditengah-tengah keadaan bangsa-bangsa di Eropa yang kerap terjerumus dalam kecamuk pertikaian antarsuku dan antarbangsa, yang memakan korban jiwa dan materi yang tidak sedikit.

Sumber :
Mujtaba Lari, Budaya Yang Terkoyak ; Diantara Islam dan Barat,(Cet. I : Jakarta ; Alhuda, 2001).

Comments

Post a Comment

Selamat Datang Di Blogspot Saya... semoga bermanfaat!!!

Popular Posts