Alquran; Sumber Hukum Islam Pertama

Alquran adalah sumber ilmu dan pengetahuan Islam yang terpenting dan paling utama,  karena setiap muslim yakin bahwa ia diturunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad Saw dan tidak ada suatu penyimpangan di dalamnya.  Keitimewaan semacam ini tidak dimiliki kitab-kitab samawi lainnya.

Keunggulan kata,  konsep dan makna Alquran juga merupakan perkara yang gamblang.  Meski validitas makna lahir Alquran masih diperdebatkan,  namun sebenarnya tidak perlu diperdebatkan atau dibahas,  karena:

Pertama, Alquran adalah sebuah program kehidupan dan kitab amal yang diturunkan dengan ungkapan-ungkapan sederhana,  fasih dan bisa dipahami banyak kalangan.

Kedua,  muslimin pada masa-masa awal Islam,  telah memahami tugas mereka dengan mendengar ayat-ayat Alquran dan melaksanakannya tanpa ragu sedikit pun.  Nabi saw dalam dakwahnya juga membacakan Alquran kepada orang-orang dan berdalil dengannya.

Ketiga,  Alquran sendiri menyeru manusia untuk merenungi ayat-ayatnya dan meminta mereka memanfaatkannya dalam kehidupan mereka.  Bila makna lahir Alquran tidak valid,  seruan untuk merenungi ayat-ayat Alquran akan sia-sia.

Sebab itu,  validitas makna lahir Alquran tidak layak diragukan sama sekali hingga harus beradu argumentasi untuk membuktikannya.  Sebagian ayat-ayat Alquran membuktikan validitas makna lahir Alquran.

Allah berfirman:
Alquran ini membimbing (manusia)  menuju jalan yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang beriman yang melakukan amal saleh bahwa mereka akan mendapatkan pahala besar. (QS. al-Isra: 9)

Alquran adalah kitab yang ayat-ayatnya dijelaskan dengan gamblang,  sebagai bacaan dalam bahasa arab yang dipahami orang-orang.  (QS. Fushilat: 3)

Oleh karena itu,  Alquran adalah salah satu referensi hukum dan pengetahuan Islam yang paling lengkap dan terpercaya serta mampu memenuhi semua kebutuhan masyarakat Islam sepanjang masa.  Nabi Muhammad saw sendiri telah mengamanahkan kitab ini kepada kaum muslimin dan menghimbau mereka untuk berpegang dengannya dan memanfaatkan segala petunjuknya.

Comments

Popular Posts