Biografi Allamah As'ad

Tentu masih segar di ingatan kita sampai hari ini seorang Ulama berdarah Bugis-Indonesia ini "Allamah As'ad". yang juga merupakan pendiri Pondok Pesantren As'adiyah yang berpusat di Sengkang Kab. Wajo Sulawesi Selatan. ia dilahirkan pada hari Senin, 12 Rabiul Tsani 1326 H. bertepatan tahun 1907 M. di kota Mekkah Al-Mukarramah.

Allamah As'ad adalah putera dari Abdul Rasyid Al-Bugisy, ibunya bernama Shalihah Binti Abdur Rahman Guru Teru Al-Bugisy. Dari nasab Ayah dan Ibunya tercatat nama-nama ulama senior dari Bugis-Indonesia yang lama bermukim di Mekkah pada abad ke 19 Masehi.

pada tahun 1928, setelah Allamah As'ad berusia 21 tahun.  setelah 2 tahun kedatangannya di ranah Lamaddukelleng, ia mendirikan sebuah lembaga pendidikan Agama yang hari ini dikenal "As'adiyah". lembaga ini bergerak di bidang pendidikan keagamaan, gerakan yang paling berpengaruh di abad kedua puluh yang mencoba mengarahkan kembali masyarakat dunia pada umumnya, masyarakat Bugis-Indonesia pada khususnya ke tatanan Islam Murni. sampai pada saat masa itu seruan pembaharuan Agama dan pemulihan Islam ke kedudukan sentralnya dalam masyarakat muslim terdidik masih terbatas daya tariknya dan belum berkembang menjadi gerakan massa yang pro terhadap ajaran Islam.

dalam perjalanan hidup As'ad adalah perintis dan pendiri lembaga dan sistem pendidikan yang berbasis Islam klasik hingga kontemporer, punya kepedulian untuk membangkitkan Islam tanpa harus mengorbankan apa yang mereka anggap sebagai esensinya. karena beliau percaya dengan aktualisasi dan potensi dasar yang dimiliki Islam, beliau tidak mentolerir Islam sosio-budaya yang tidak mengandung ritus, ritual dan kewajiban keagamaan. baginya, semua ucapan dan tindakan haruslah didasarkan pada penelitian seksama atas segenap bukti yang harus menjadi dasar dari setiap pendapat hukum dalam Islam. baginya, Lembaga Ulama (Pesantren) merupakan pembela historis Agama Islam.

Allamah As'ad, dikenal karena berhasil mendirikan sebuah lembaga pendidikan dan melahirkan kader-kader intelektual namun pun demikian tidak dikenal karena pemikirannya yang secara esensial tidak nampak.

karena itu, jika ingin mengetahui riwayat hidupnya, kita perlu mempelajarinya dengan pikiran terbuka dan berusaha membaca karya-karyanya yang berdasar pada sumber-sumber yang tak bergantung pada katanya-katanya dan yang sezaman dengan hayatnya, bukan karya-karya yang sebagian besar bersifat mitos dan memuja pahlawan, yang lebih lazim mewarnai hagiografi (kisah tentang hayat dan legenda wali atau tokoh) ketimbang sejarah akurat. sekalipun mitologi yang sering mengelilinginya telah disingkirkan. Allamah As'ad tetap merupakan tokoh dengan gagasan-gagasan dan aktivitas penting yang mempunyai pengaruh besar serta berkelanjutan.

Allamah As'ad (Pendiri As'adiyah)
Allamah As'ad merupakan salah satu tokoh yang pertama kali menyatakan kembali tradisi Muslim dengan cara yang sesuai dengan berbagai problem penting muncul akibat jahiliahisme (kebobrokan akhlak akibat kebodohan) di abad kedua puluh. dengan menolak tradisionalisme murni yang mempertahankan warisan Islam secara kritis di satu pihak, dan peniruan membabi buta terhadap jargon weternisasi di lain pihak. As'ad menjadi sosok yang penuh kharismatik, mampu memberi solusi alternatif dimana ditengah kebobrokan moral umat dan masyarakat wajo pada masa itu mampu menemukan nilai-nilai spritualitas di dalam Islam. As'ad mampu dan bagi banyak muslim yang memujinya masih mampu mempengaruhi kaum muslim, suatu hal yang tak dapat dilakukan oleh mereka yang hanya meminjam dan mengadopsi gagasan-gagasan kaum kapitalisme Karl Marx (Barat) begitu saja. karena seringnya melakukan perjalanan intelektual dan spritual di beberapa tempat, di Mekkah dan Madinah, bahkan setelah banyak menimba ilmu di dua kawasan tersebut yang menjadi promotor dan perintis pembaruan Islam Klasik hingga kemodernan. Bersambung.......

Comments

  1. sebuah warisan intelektual yang mesti kita jaga dengan kemampuan gagasan-gagasan produktif kaum muda Islam. jagalah warisan intelektual ini kawan.........

    ReplyDelete
  2. saya santri as'adiyah .. saya bangga dgn as'adiyah .. kata guruku ,, as'adiyah sudah mengukir banyak prestasi .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satunya adalah anda yang akan mengukir prestasi itu, sukses

      Delete
  3. informasi yang informatif,
    makasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Selamat Datang Di Blogspot Saya... semoga bermanfaat!!!

Popular Posts